Informasi Mengenai Rapid Test Virus Corona Terbaru

Hal yang dilakukan di tengah krisis virus corona di Indonesia sendiri diusulkan dengan menggunakan alat rapid tes untuk dapat melakukan pengecekan virus corona. Akan tetapi walaupun masih menjadi banyak perdebatan mengenai pemeriksaan dengan alat ini, akan tetapi rapid test virus corona ini sudah akan segera dilakukan dan bahkan sudah dilakukan di beberapa daerah. Sebagai alat test virus corona, rapid test ini sendiri mempunyai beberapa keunggulan dan kekurangan yang dipunyai. Selain itu bagi yang tidak mengerti pengertian dan cara kerja rapid tes juga akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Rapid test merupakan metode paling awal yang dapat untuk digunakan untuk mendeteksi corona di dalam tubuh seseorang Dimana fungsi dari alat ini tidak langsung bisa untuk mengetahui bahwa Anda terkena virus corona atau tidak. Karena alat ini merupakan alat yang menggunakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang dapat berkembang untuk melawan virus corona. Sehingga antibodi IgM dan IgG apabila ditemukan dalam tubuh Anda lewat rapid test, maka hal tersebut menunjukan bahwa tubuh Anda pernah terpapar virus Corona dan mungkin juga masih terjangkiti corona.

Akan tetapi untuk tes ini mempunyai kekurangan yang dapat dirasakan. Karena metode untuk rapid tes ini akan mendeteksi antibodi sedangkan untuk pembentukan antibodi sendiri akan memerlukan waktu yang lama. Pembentukan antibodi di tubuh seseorang bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu, sehingga walaupun ketika rapid tes mempunyai hasil negatif hal tersebut juga tidak menunjukkan bahwa Anda negatif dari virus corona. Karena seperti yang telah dijelaskan bisa jadi antibodi yang dapat melawan virus corona di dalam tubuh Anda belum terbentuk dan akan memakan waktu. Oleh karena itulah untuk test ini sendiri memerlukan tes setidaknya dua kali yang bisa dilakukan. Hal tersebut akan membuat pemeriksaan lebih tidak efektif, karena memang hanya mendeteksi antibodi yang dibentuk untuk melawan virus corona, bukan mengetahui apakah Anda terserang virus corona di dalam tubuh secara langsung.

Selain itu untuk dapat menikmati rapid tes atau pemeriksaan dengan alat ini juga tidak mudah. Karena keterbatasan alat, maka alat ini juga bisa digunakan untuk prioritas pasien pada beberapa kelompok masyarakat saja. Sehingga hal tersebut membuat tidak semua masyarakat dapat untuk melakukan pemeriksaan dengan mudah. Adapun untuk beberapa golongan masyarakat yang dapat menikmati pemeriksaan lewat rapid tes adalah sebagai berikut ini:

•    Pertama adalah untuk masyarakat yang mendapatkan status ODP, PDP, anggota keluarga, dan juga orang yang pernah berinteraksi langsung dengan status tersebut.
•    Masyarakat yang mengalami gejala tanda-tanda covid-19 seperti demam, batuk, dan juga sesak nafas merupakan prioritas untuk mendapatkan tes menggunakan alat ini.
•    Tenaga medis yang bekerja di rumah sakit dan mempunyai resiko untuk terkena covid-19 juga merupakan golongan yang dapat untuk menerima prioritas pengecekan dengan rapid tes.

Bagi Anda yang tidak termasuk golongan di atas maka tidak bisa untuk menerima pengecekan menggunakan rapid test virus corona. Adapun untuk prosedur dan interpretasi hasil pengecekan dengan rapid test adalah:

1.    Dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari tangan Anda dan diletakkan di rapid test.
2.    Kemudian ditandai dengan antibodi yang sama yang akan muncul setelah 10 hingga 15 menit.
3.    Apabila positif maka akan melakukan pemeriksaan lanjutan yaitu pemeriksaan polymerase chain reaction atau PCR yang akan mempunyai hasil langsung apakah ada keberadaan virus corona dalam tubuh atau tidak.