Tips Merawat Jersey Futsal Agar Awet dan Tahan Lama

Barangkali diantara kita sudah tidak asing lagi dengan yang bernama jersey futsal (jersey sepak bola), terutama anda yang sangat suka dengan olahraga Futsal, baik itu sebagai pemain ataupun penonton/penggemar. Jersey Futsal bisa dikatakan sebuah pakaian, baju atau kaos seorang yang dipakai saat pertandingan olahraga Futsal. Akan tetapi, sekarang sudah banyak orang yang memakainya biarpun tidak sedang bermain Futsal. Bahkan bikin jersey futsal dengan desain sendiri untuk eksistensi team mereka.

Bagi sebagian orang mempunyai Jersey Futsal merupakan suatu kebanggaan dan oleh karena itu perlakuannyapun berbeda dari barang yang lainnya. Sedangkan, harga sebuah Jersey beraneka ragam sesuai dengan kualitas jersey tersebut, terlepas dari itu semua, perawatan untuk jersey Futsal kesayangan adalah suatu hal yang mesti dilakukan agar jersey futsal kita tetap awet dan tahan lama. Berikut kami bagikan penjelasannya tentang cara mencuci dan merawat baju jersey baik untuk sepak bola maupun Futsal

Cara mencuci jersey futsal:
  • Siapkanlah sebuah ember lalu diisi air dingin kira-kira setengahnya lalu taburkan deterjen kira-kira setengah genggaman lalu diaduk hingga rata sampai seluruh deterjen larut bersama air.
  • Masukkan Jersey futsal ke dalam ember yang telah berisi air yang dicampur deterjen tadi lalu diamkan selama dua sampai tiga menit.
  • Untuk menghilangkan kotoran ataupun keringat yang menempel, angkatlah jersey futsal dari air lalu direndam lagi, lakukanlah hal tersebut secara berulang-ulang dua atau tiga kali.
  • Setelah Jersey futsal diangkat dan dicelupkan secara berulang-ulang lakukanlah pembilasan dengan cara memasukkan jersey futsal ke dalam ember yang berisi air bersih, lalu angkat dan celupkan berulang-ulang sampai deterjen dan buih deterjen hilang.
  • Hal terakhir setelah proses membilah adalah menjemur dengan menggunakan gantungan (Hanger) di tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Cara menyimpan Jersey Futsal :
  • Ketika dipakai/disimpan, hindari dari gesekan-gesekan terutama dengan permukaan yang kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan benang-benang jersey tertarik (timbul bulu). Biasanya timbul ketika terjatuh saat bermain Futsal atau di lapangan Futsal.
  • Simpanlah dengan cara digantung untuk menghindari sablon yg terkelupas, atau retak kebanyakan menggunakan sablon poliplex.

Hal yang perlu dihindari ketika mencuci jersey futsal :
  • Hindari memeras jersey saat dicuci dengan cara diplintir karena dapat menyebabkan terselupasnya sablonan, hal ini berlaku untuk semua jenuis termasuk Jersey futsal yang Original dari toko-toko resmi.
  • Hindari merendam jersey futsal terlalu lama dalam rendaman berisi air yang diberi deterjen, waktu yang disarankan tidak lebih dari 5 menit.
  • Jangan mencuci jersey dengan mesin cuci karena akan merusak sablonan dan serat kain.
  • Jangan mengeringkan menggunakan mesin pengering (spin).
  • Hindari menjemur menggunakan tali tapi gunakanlah gantungan (hanger)
Demikian lah cara mencuci baju futsal anda semoga bermanfaat ☺