Ini Jawaban Kenapa Luka pada Penderita Diabetes Susah Hilang

Luka adalah salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh para penderita diabetes. Yang cukup menyusahkan adalah mengobati luka pada pasien diabetes tak semudah mengobati luka pada orang sehat, apalagi luka tersebut juga cenderung susah untuk sembuh. Hal ini sudah banyak dialami oleh penderita diabetes yang seringkali berujung pada amputasi.

Tentunya, luka yang susah sembuh itu bukan tanpa alasan. Tetapi karena memang ada sejumlah faktor yang mengakibatkan hal tersebut. Diantara faktor-faktor yang dimaksud ialah sebagai berikut.
Alasan Luka Diabetes Susah Hilang
1.    Kekebalan Tubuh yang Lemah
Penyebab yang pertama ialah karena kekebalan tubuh pasien diabetes itu lemah. Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh dr. Asquel Getaneh, seorang dokter penyakit dalam dari Amerika Serikat, bahwasanya kadar gula dalam darah yang tinggi membuat sel-sel penjaga kekebalan tubuh menjadi lemah.

Oleh karenanya, setiap luka walaupun itu hanya sedikit, bisa menjadi parah. Apalagi ketika luka tersebut sudah berkembang menjadi borok, pastinya sel-sel kekebalan tubuh tidak mampu memperbaikinya dengan cepat.

2.    Neuropati
Neuropati ini juga merupakan komplikasi dari diabetes. Neuropati ini artinya adalah kondisi dimana tubuh sudah tidak bisa lagi merasakan perih, nyeri atau sakit pada bagian yang terluka. Hal ini dikarenakan oleh saraf-saraf yang terdapat pada tubuh sudah rusak akibat kadar gula darah yang tinggi, sehingga saraf tidak bisa lagi mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Karena rasa sakit pada luka tersebut tidak terasa, maka ada kemungkinan pasien diabetes tidak menyadari bahwa sebenarnya lukanya tersebut bertambah parah, sehingga luka terlambat ditangani, dan akhirnya susah untuk sembuh.

3.    Sirkulasi Darah Terhambat
Faktor penyebab yang lainnya ialah karena sirkulasi darah terhambat. Pada penderita diabetes, dinding pembuluh darah arterinya bisa menyempit dan mengeras. Karenanya, aliran darah yang berasal dari jantung menuju tubuh menjadi tidak lancar. Sementara itu, bagian tubuh yang terluka sangat memerlukan nutrisi dan juga oksigen yang terdapat dalam darah supaya sembuh.

Tetapi, karena sirkulasi darah terhambat, otomatis bagian yang terluka tidak memperoleh nutris dan oksigen yang cukup sehingga luka tidak kunjung sembuh.
Mengingat faktor penyebab luka diabetes yang susah hilang di atas, maka setiap pasien diabetes wajib menjaga tubuhnya supaya tidak terluka. Kemudian, ada baiknya jika selalu menyediakan obat luka untuk diabetes di rumah. Dan jika di rumah juga ada anak-anak, sebaiknya sediakan obat luka jatuh pada anak sebagai langkah antisipasi pula.