Cara Menambah Berat Badan Janin dengan Cepat Jelang Melahirkan

Cara menambah berat badan janin dengan cepat bisa menjadi solusi menjelang kelahiran. Berat badan bisa menjadi indikasi apakah janin tumbuh dengan normal dan sehat. Menjelang kelahiran, janin harus memenuhi berat badan normal agar tidak menyebabkan risiko berbahaya bagi kesehatan bayi.

Pada minggu-minggu akhir menjelang kelahiran, janin yang kekurangan berat badan membutuhkan upaya khusus untuk bisa menambah berat badannya. Sebelum melakukan berbagai upaya tersebut, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gizi. Saran yang diberikan inilah yang bisa Anda lakukan secara optimal.

Asupan untuk Menambah Berat Badan Janin dengan Cepat
dr. Alfiben dari RS Permata Depok memberikan saran bagi para ibu hamil untuk memperbanyak asupan es krim dan susu sebagai cara menambah berat badan janin dengan cepat. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati agar tidak berlebih karena jika berlebih bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Seorang dokter dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bernama dr. Nurhadi Rahman juga setuju jika mengonsumsi susu dan es krim bisa menjadi solusi ampuh untuk menambah bobot janin dengan cepat menjelang kelahiran. Pemantauan melalui USG juga diperlukan agar kita bisa melihat, apakah berat badan sudah cukup untuk bayi yang akan lahir.

Selain itu, sang ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Pastikan jika makanan yang dipilih adalah makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Beberapa ibu hamil menganggap jika pertambahan berat badan yang dialaminya karena pertambahan bobot janin. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena pertambahan berat badan sang ibu tidak serta merta dipengaruhi oleh pertambahan bobot janin.

Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui pertambahan janin dalam kandungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan USG. Dengan alat ini, kita bisa mengetahui bagaimana pertambahan bobot bayi, apakah sudah cukup untuk dilahirkan atau masih membutuhkan tambahan lagi.

Penyebab Bobot Janin Tidak Bertambah secara Signifikan
Terdapat banyak faktor yang menyebabkan berat badan janin tidak bertambah secara signifikan, meskipun sang ibu sudah mencukupi nutrisinya. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya masalah pada ari-ari atau plasenta ataupun saluran ari-ari. Itulah mengapa penting bagi ibu hamil untuk rajin memeriksakan kondisi janinnya ke dokter.

Pada umumnya, kenaikan berat badan ibu hamil yang normal antara 8-12 kg. Biasanya, ibu hamil mengalami pertambahan berat badan sekitar 3 kg saat kehamilan 5 bulan. Jadi, Anda perlu mengawasi pertambahan berat badan, baik ibu ataupun sang janin.

Menmabah porsi makan untuk 2 orang ketika hamil rasanya tidak perlu. Anda hanya perlu menambah 20% dari makanan yang biasa dikonsumsi. Meskipun demikian, tetap perhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Asupan nutrisi dan gizi untuk ibu hamil dan janin harus berasal dari makanan yang menyehatkan. Anda bisa mendapatkan produk makanan bergizi di orami sebagai salah satu cara menambah berat badan janin dengan cepat menjelang kelahiran. Informasi bermanfaat mengenai ibu hamil juga bisa Anda dapatkan.