5 Masalah yang Bisa Diatasi Penyedia Jasa Service Mesin Cuci

Salah satu peralatan elektronik yang sering bikin galau ibu rumah tangga kalau rusak adalah mesin cuci. Mencuci memang pekerjaan harian yang berat, apalagi kalau punya keluarga besar. Jika Anda mengalami hal seperti ini, cara terbaik adalah dengan service mesin cuci ke penyedia jasa panggilan, karena bisa mengatasi masalah-masalah berikut.

1. Tidak Berfungsi Sama Sekali
Apapun jenis mesin cucinya, baik itu front load (bukaan depan), top load (bukaan atas), portable, maupun yang lainnya, masalah inilah yang paling banyak dikeluhkan. Kenapa mesinnya tidak mau menyala? Kenapa airnya tidak ke luar? Jika sudah memastikan kalau kabelnya masuk ke dalam stop kontak, berarti memang ada masalah pada mesin cuci Anda.

Berfungsi tidaknya mesin cuci bisa dengan mudah dilihat pada mesin cuci keluaran terbaru yang dilengkapi dengan fitur layar. Siklus kerja mesin cuci akan terpampang pada layar tersebut. Nah, jika tampilan layar ini mulai tidak sesuai dengan proses yang sedang berlangsung, mungkin kerusakan terjadi pada timer dan perangkat lunak di dalamnya yang sulit untuk ditangani sendiri.

2. Kebocoran atau Meluap
Jika busa sabun cuci sampai meluber ke luar saat proses pencucian sedang berlangsung, hal ini mengindikasikan adanya kebocoran pada mesin cuci Anda. Kerusakannya bisa terjadi pada selang atau segel pintu mesin cuci yang longgar.

Solusinya adalah dengan mengganti salah satunya dengan yang baru. Tapi, jika kebocoran masih terjadi, gunakan penyedia jasa service panggilan untuk menyelesaikan masalah pada mesin cuci ini.

3. Air yang Mampet
Penyebab masalah ini biasanya berasal dari selang yang terlipat, melingkar, atau adanya penumpukkan kotoran pada rongga-rongga di dalam selang. Kotoran ini bisa berupa potongan rambut, tisu bekas pakai yang lupa dikeluarkan, dan lainnya.

Lantas, bagaimana jika mesin cuci tidak dapat diisi air untuk mencuci dan dikosongkan dari air bekas cucian? Penyebabnya tidak jauh berbeda dari air mampet. Tapi, selain selang yang terlipat, penyebabnya bisa berasal dari rusaknya katup hingga penyumbatan pada filter selang. Penyebab lainnya bisa Anda pastikan dengan menyewa jasa service mesin cuci.

4. Suara Terlalu Berisik
Perputaran air dan pakaian saat berlangsungnya proses mencuci serta pengeringan, mesin cuci memang mengeluarkan suara yang berisik. Tapi, jika suara berisiknya agak berbeda dan lebih berisik dari biasanya serta berkelanjutan, hal ini jelas mengganggu.

Suara bising ini bisa dipicu oleh adanya benda yang tersangkut pada baling-baling dan biasanya berasal dari benda-benda bertekstur keras yang lupa dikeluarkan dari saku pakaian. Sebelum mesin cuci Anda menjadi lebih rusak, sebaiknya segera panggil penyedia jasa service panggilan untuk menanganinya.

5. Pakaian Tetap Kotor, Rusak, dan Berbau
Kenapa pakaian masih tetap kotor, padahal pengoperasian mesin cucinya sudah sesuai dengan prosedur? Bahkan ada yang rusak, seperti banyaknya kancing yang terlepas dan semacamnya. Hal ini pertanda mesin cuci Anda butuh service panggilan sesegera mungkin.

Kemudian, bagaimana jika mesin cuci berbau apek padahal sudah pakai sabun cuci khusus dan berpengharum? Hal ini termasuk wajar terjadi pada mesin cuci lama karena terjadi penumpukkan kotoran dan bakteri yang berlangsung lama. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan secara berkala mengunakan air hangat untuk membasmi bakteri penyebab bau.

Service mesin cuci tidak bisa dilakukan sendiri karena tanpa tenaga yang berpengalaman seperti Sejasa di sejasa.com, bisa-bisa mesin cucinya makin rusak. Selain itu, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan supaya mesin cuci tidak cepat rusak, seperti mengeluarkan benda logam seperti uang dari dalam saku pakaian yang akan masuk ke mesin cuci.