Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Agar Jadi Lahap

Ketika anak kecil yang menutup mulut karena nggak mau makan, acapkali membikin orang tua bingung. Karena turunnya nafsu makan si anak tentu bisa saja berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Apalagi jika anak tersebut yang tak suka pada makanan tertentu, sehingga bunda harus pintar dalam menentukan menu yang akan di sajikan. Bukan hanya rasa enak tapi makanan tersebut harus sehat dan kaya akan gizi.

Salah satu faktor yang cukup berpengaruh adalah hormon, nafsu makan di kendalikan oleh hormon ghrelin dan hormon leptin. Nah apa fungsi kedua hormon tersebut? Hormon ghrelin adalah jenis hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sedangkan hormon leptin adalah kebalikannya yakni membuat seseorang jadi susah makan karena turunnya nafsu makan. Jika seseorang yang sedang mengalami susah makan, tentu solusinya adalah harus meningkatkan hormon ghrelin. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan pada si anak.

Berikan Asupan Zinc dan Vitamin B
Nutrisi yang mampu agar si kecil bisa dengan memberikan asupan makanan bergizi terutama dua nutrisi ini yaitu vitamin B dan Zinc. Kedua nutrisi ini memang sudah di percaya dan ampuh untuk anak yang malas makan. Jika ingin memberikan suplemen ataupun vitamin anak tentu tidaklah bisa sembarangan. Berikan suplemen ataupun vitamin yang aman agar nafsu makan si kecil jadi bertambah.

Bikin Tampilan Makanan Lebih Menarik
Bikinlah suasana makannya jadi lebih mood, misalnya meletakkan makanan pada box makan terus di beri hiasan dan disusun menjadi lebih menarik. Apalagi jika mengkombinasikan makanan favorit si kecil dengan sayuran. Jika anda yang mahir memasak tentu ini akan jadi lebih jauh mudah. Memvariasikan makanan sehat seperti sayuran menjadi bentuk dan tampilan yang enak dan cantik di pandang mata. Seperti yang kita tahu bahwa anak kecil tidak suka makan sayur-sayuran, jadi anda harus pintar menyajikan dalam bentuk yang menarik.

Sajikan Dalam Porsi Sedikit
Cara menyiasati agar si kecil mau makan adalah dalam membagi makanan satu piring menjadi porsi yang kecil/sedikit. Biasanya dia melihat makanan satu piring penuh tentu bisa menurunkan nafsu makannya. Jadi bunda bisa menyiasatinya dengan tips itu.

Batasi Minum Ketika Makan
Jika saat makan tapi si anak sering minta minum tentu itu akan membuatnya jadi kembung dan cepat kenyang. Karena perut yang terisi penuh dengan air sehingga menolak untuk memakan makanannya. Jadi ada baiknya anda membatasi minuman saat sedang makan agar mencegar rasa kenyangnya. Nikmati minuman enak atau air kesukaannya seperti jus atau air es. Karena dia tentu akan terfokus untuk selalu minum.

Ajak Anak Untuk Sering Beraktifitas/Berolah Raga Ringan
Jika si anak selalu aktif untuk melakukan aktifitas tentu dia akan merasa cape dan lapar. Misalnya melakukan olah raga ringan ataupun sering aktif bermain bersama temannya. Dengan aktifnya anak tentu metabolisme tubuhnya juga akan cepat dan bisa membuatnya jadi merasa lapar.