Seputar MPASI 7 Bulan Bayi

\Mom, jika bayi anda mulai berusia 7 bulan, maka perlu dikenalkan dengan makanan pertamanya. MPASI 7 bulan, yang mana merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI 7 bulan penting untuk diberikan pada buah hati kita. Informasi mengenai alasan pemberian MPASI, makanan apa saja yang bagus untuk MPASI, dan seputar hal-hal lainnya dapat anda simak di bawah ini.

Alasan Pemberian MPASI 7 bulan
Para ahli kesehatan banyak yang merekomendasikan untuk mengenalkan pada buah hati kita makanaa padat pertamanya selain ASI. Pemberian MPASI ini tergantung pada kesiapan bayi dan status gizinya. Di usianya yang memasuki 7 bulan, tentunya bayi membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak dari sekedar asupan nutrisi yang ia dapatkan melalui ASI eksklusif. Selain itu, alasan lainnya adalah untuk menstimulasi indera pengecap pada bayi, melatih motorik halusnya seperti menggerakkan tangan dan mengarahkan ke mulut yang memerlukan koordinasi yang baik antara tangan, mata dan otak, serta untuk melatih mengunyah, disiplin, dan memberikan pendidikan pada bayi mengenai interaksi yang menyenangkan.

Jenis-Jenis Makanan MPASI 7 Bulan Yang Bisa Diperkenalkan Pada Bayi
Adapun jenis-jenis makanan pendamping yang baik diperkenalkan untuk buah hati kita adalah makanan dengan rasa yang bervariasi dan juga bergizi, yaitu:
  1. Sayuran berdaun hijau, seperti misalnya bayam yang kaya kandungan folat dan zat besi yang baik untuk tumbuh kembang bayi.
  2. Labu kuning yang kaya kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C dan betakaroten. Ini memiliki tekstur daging buah yang lunak dan mudah diolah.
  3. Brokoli yang kaya kandungan nutrisi seperti kalsium, folat, serat, dan antioksidan untuk meningkatkan sistem imun si kecil.
  4. Buah alpukat matang yang kaya asam lemak, omega-3, vitamin, dan mineral penting lainnya.
  5. Daging tanpa lemak.

Cara Pengolahan Bahan-Bahan Makanan MPASI 7 Bulan Yang Tepat
Untuk menyajikan MPASI pada buah hati kita, tentunya kita perlu mengolah makanannya dengan cara yang tepat. Untuk sayuran bisa dikukus terlebih dahulu lalu dihaluskan agar dapat ditelan dengan baik oleh bayi. Makanannya bisa diberikan secara langsung maupun bisa pula ditambahkan dalam buburnya. Sebaiknya, jangan menambahkan bumbu atau penyedap apapun dalam MPASI 7 bulan bayi, sebab sistem pencernaannya belum bisa beradaptasi dengan sempurna dan untuk menghindari adanya gangguan pencernaan. Untuk buah, bisa dengan dihaluskan saja dan diberikan langsung pada bayinya. Sedangkan, cara pengolahan dagingnya sebaiknya dipilih daging yang berkualitas dan diolah dengan benar dengan merebusnya sampai lunak, lalu dihaluskan dan dicampurkan kedalam bubur bayi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemberian MPASI
Sebenarnya, ada banyak pilihan menu MPASI bayi yang bisa diberikan. Namun, hal utama yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah kandungan nutrisinya. Sebab, pada tahap tumbuh kembangnya, bayi membutuhkan banyak nutrisi lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, menu MPASI 7 bulan ke atas harus pula disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi, supaya bayi tidak mengalami gangguan yang bisa berakibat pada tahap perkembangannya. Makanan pendamping ASI ini dapat diberikan secara rutin setiap harinya pada bayi.

Bayi yang sehat dengan tumbuh kembang yang baik tentunya menjadi dambaan setiap orang tuanya. Maka, dalam usianya yang beranjak 7 bulan, Mom perlu untuk memberikan MPASI 7 bulan yang terbaik. Semoga sekiranya informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk para Mom semuanya menjadi bahan pengetahuan dan pertimbangan untuk masa pemberian makanan pendamping ASI pada buah hatinya. Sampai jumpa di informasi yang lainnya.