Memasuki Usia 6 Bulan, Saatnya MEMberikan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi

Bayi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Pada usia 6 bulan saja sudah mulai terlihat mereka bisa melakukan aktifitas seperti menggigit, berkedip, dan mulai bisa aktif memgang objek. Pada saat inilah seorang ibu harus mulai menyiapkan resep mpasi 6 bulan yang akan menjadi menu pendamping ASI nantinya guna menunjang tumbuh kembang buah hati.

Pengertian mpasi
Bayi usia 0 – 6 bulan memang sebaiknya mendapatkan asi eksklusif dalam artian bayi tidak diberi makanan apa pun kecuali hanya asi dari ibunya. Memasuki usia 6 bulan, seorang ibu harus mulai memberikan makanan pendamping ASI MPASI untuk bayi. Pada usia 6 bulan tersebut, bayi sudah dianggap bisa mengunyah makanan sendiri. Makanan pendamping untuk si kecil ini pun juga harus dipilah sebaik mungkin untuk mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Oleh karena itu, seorang ibu harus mulai bersiap untuk membuat resep mpasi 6 bulan begitu bayi sudah memasuki usia setengah tahun.

Kegunaan mpasi untuk bayi
Pemberian mpasi untuk bayi memberikan segudang manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi ke depannya. Mpasi yang dipilah dari bahan yang sesuai dengan memperhatikan tekstur yang juga sesuai untuk bayi dapat melatih organ bayi terutama organ pada sistem pencernaan untuk mulai belajar mencerna makanan sendiri sesuai dengan perkembangan usianya. Maka dari itu, seorang ibu harus cerdas betul dalam memilah dan membuat resep mpasi 6 bulan sehat untuk bayinya. Selain itu, pemberian mpasi juga sangat baik untuk memberi tambahan akan kebutuhan gizinya sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan bayi akan semakin optimal dan daya kekebalan tubuhnya pun akan menjadi lebih kuat.

Cara membuat mpasi sendiri
Setiap ibu pasti memiliki naluri alamiah untuk bisa membuat resep mpasi 6 bulan dan memberikan mpasi terbaik untuk si buah hati. Karena masih permulaan dan bisa dikatakan masa belajar untuk mencerna, bayi tentunya membutuhkan makanan yang bertekstur lembut. Dalam memilih menu makanan pendamping, seorang ibu pun juga harus memperhatikan asupan gizi yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan anak. Resep mpasi 6 bulan bisa ibu kembangkan sendiri dengan kreasi masing – masing. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah contoh resep mpasi 6 bulan ke atas  yang bisa ibu coba buat sendiri seperti bubur beras merah dan bubur buah alpukat yang masing – masing dicampurkan dengan asi. Nah untuk buah – buahannya ini bisa digantikan dengan buah lain yang teksturnya sama lembutnya seperti pisang atau pepaya. Ibu juga bisa memberikan jus buah untuk bayi tanpa dicampur dengan es.

Waktu terbaik untuk memberikan mpasi
Sekarang menentukan aneka resep mpasi 6 bulan, pertanyaan selanjutnya ialah kapan saat terbaik untuk memberikan makanan pendamping atau mpasi kepada bayi. Dalam hal ini pun, sebenarnya setiap ibu bisa mengkreasikan sendiri kapan jadwal untuk si kecil makan. Contoh sederhana ialah di pagi hari setelah bangun tidur ibu memberikan asupan ASI kepada bayi hingga kenyang. Lalu pada pukul 9 pagi ibu bisa memberikan makanan pendamping berupa bubur atau jus buah kepada bayi. Di siang harinya, berikan ASI lagi kepada bayi sampai kenyang. Dan memasuki jam 3 sore, makanan pendamping kembali diberikan kepada bayi. Untuk selanjutnya cukup dengan memberikan ASI kepada bayi sampai kenyang. Begitu seterusnya.

Jadi itulah informasi penting yang bisa ibu ambil kaitannya dengan resep mpasi 6 bulan dan saat pemberian mpasi yang tepat. Karena begitu besar manfaat pemberian mpasi, maka setiap ibu sebaiknya menyiapkan betul dan menimbang menu dengan gizi yang mencukupi untuk bayi.