Resep Tempe Bacem Enak dan Gurih

Resep Tempe Bacem - hai ketemu lagi dengan admin resep lengkap yang kali ini akan membeberkan lauk yang sangat enak banget. Apalagi jika dimasak dengan cara dibacem wah pasti sudah kebayang dipikiran anda betapa enak dan gurihnya resep tempe bacem kali ini. Kalau saya sendiri suka banget dengan sesuai yang berbau tempe baik dengan pengolahan digoreng ataupun yang lainnya seperti dibacem. Tempe makanan yang berprotein tinggi bagus banget dikonsumsi dan kadang jika salah dalam pengolahannya bisa-bisa malah menghilangkan kandungan protein yang terdapat pada tempe tersebut. Terkadang tempe bacem juga masuk dalam pelengkap nasi uduk karena terasa kurang lengkap aja gitu kalo tanpa ada tempe. Adapun untuk tempe bacem jawa itu gak susah amat kok cuman bikin bumbunya aja lalu digoreng deh dan rasa gula merahnya itu yang bikin greget pada tempe ini.

resep tempe bacem

Resep Tempe Bacem Enak

Bahan-bahan tempe bacem
  • 400 gram tempe, potong sedang
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram gula merah, sisir
  • 800 ml air kelapa
  • minyak goreng (untuk menggoreng)

Bumbu haluskan
  • 3 btg serang, ambil putihnya saja
  • 6 btr bawang merah
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 4 siung bawang putih

Cara membuat tempe bacem
  1. Rebur air dan masukkan tempe bersama gula merah, air kelapa, daun salam, kecap manis, garam, bumbu halus dan lengkuas.
  2. Tunggu hingga matang dan meresap semua bahan pada tempe. Lalu panaskan minyak goreng dan goreng tempe tersebut dengan api sedang.
  3. Jika sudah berwarna kecoklatan itu berarti tandanya sudah matang, lalu angkat dan tiriskan. Sekarang tempe bacem sudah siap dihidangkan.
Baca juga makanan lainnya yang bisa dijadikan lauk Resep Bihun Goreng

Demikianlah untuk resep tempe bacem enak yang barusan anda simak. Karena berhubung ane udah mulai cape jadi ane sudahin dulu untuk artikel kali ini ya, dari pada dipelototin mending langsung saja praktekkan dirumah dan semoga berhasil ya membuatnya.
Resep Tempe Bacem Enak dan Gurih | Khairina Lidini | 5